Meningkatkan Iman dan Takwa Melalui Kegiatan Pondok Ramadhan di MTs NU Sidoarjo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
73 views

Pondok Ramadhan merupakan kegiatan yang diselenggarakan pada waktu bulan puasa yang berisi dengan berbagai bentuk kegiatan keagamaan seperti, buka bersama, pengkajian dan diskusi agama atau kitab-kitab tertentu, sholat tarawih berjama’ah, tadarus Al-Qur’an dan pendalamannya, dan Praktek ilmu keagamaan.

Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan intensif yang dilakukan dalam jangka tertentu yang diikuti secara penuh oleh peserta didik selama beberapa waktu dengan maksud melatih mereka untuk menghidupkan hari-hari dan malam-malam bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan ibadah.

Peserta didik MTs NU Sidoarjo kelas VII, VIII, dan IX diberikan buku jurnal pondok ramadhan yang harus diisi dengan cara mengikuti seluruh rangkaian kegiatan madrasah pada bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut meliputi praktek dan teori yang dirancang dengan sistem bergantian antara siswa putra dan siswa putri. Praktek keagamaan pada pondok Ramadhan  meliputi Thaharah (bersuci), Salat, dan Tadarus Al-Qur’an. Sementara, materi teori pada pondok Ramadhan meliputi memahami masalah bersuci, puasa dan salat, dan Ta’lim. Kegiatan tersebut ditempuh oleh peserta didik selama dua hari, satu hari praktek, dan satu hari teori.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Madrasah Tsanawiyah NU Sidoarjo, Ach. Fatoni, menjelaskan bahwa kegiatan pondok ramadhan ini memiliki beberapa tujuan seperti Memberi pemahaman yang menyeluruh tentang pentingnya menghidupkan hari-hari dan malam-malam Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan positif (ibadah).

“Kegiatan pondok ramadhan Memberikan pemahaman yang mendalam kepada para peserta didik tentang ajaran agama dan bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari”, jelas Kamad MTs NU Sidoarjo.

Hal Senada juga disampaikan oleh Waka Kesiswaan MTs NU Sidoarjo, M. Sobirin, tujuan kami pada kegiatan pondok ramdhan ini adalah meningkatkan amal ibadah peserta didik dan guru atau yang lainnya pada bulan Ramadhan yang arahnya mendorong pembentukan kepribadian peserta didik baik secara rohani maupun jasmani dengan melakukan penghayatan terhadap ibadah puasa dan amal-amal ibadah lainnya yang ia kerjakan.

Penulis Oleh : (Naila Ulin Nuha dan Pak Syafi’i)

Berita Lainya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *