SOSIALISASI DAN BIMTEK RDM MTs NU SIDOARJO

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
147 views


(16 Oktober 2021) MTs NU Sidoarjo mengadakan kegiatan sosialisasi implementasi Rapot Digital Madrasah (RDM) yang digelar pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021.
Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 hingga jam 12.00 tersebut diikuti 27 peserta dari wakil kepala bidang kurikulum dan operator madrasah di lingkungan KKM Sub Rayon 05 yaitu dari operator masing-masing madrasah yang berasal dari kecamatan Tanggulangin, Porong, Krembung dan Jabon yang merupakan anggota KKM dari Sub Rayon MTs NU Sidoarjo.
Hadir sebagai narasumber H. Aunillah, M.Pd selaku Pengawas Madrasah di Sub Rayon MTs NU Sidoarjo.

Acara dimulai dengan sambutan kepala MTs NU Sidoarjo kemudian dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari bapak pengawas dan pemaparan materi RDM oleh Bpk. M. Shobirin S.Pd selaku helpdesk RDM Kabupaten Sidoarjo. Para peserta yang hadir langsung dibimbing praktik mengerjakan Rapot Digital Madrasah. Para peserta yang sudah siap dengan perangkat laptopnya tampak antusias dan semangat mengerjakan RDM.
Bpk. H. Aunillah, M.Pd selaku pengawas pendidikan, dirinya berharap dengan selesainya kegiatan tersebut para dewan guru bisa bekerja sama dengan baik dan solid untuk menuju madrasah berbasis digital.

RDM kepanjangan dari Rapor Digital Madrasah merupakan sebuah aplikasi berbasis WEB. Aplikasi yang di kembangkan Direktorat KSKK dalam mengelola nilai hasil belajar peserta didik di Madrasah ini dapat ditempatkan di server lokal madrasah ataupun hosting.

Sebagaimana telah diketahui bersama sejak akhir semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 kemarin, Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Edaran tentang Penghentian Sementara Penggunaan ARD (Aplikasi Raport Digital) untuk satuan pendidikan madrasah baik jenjang MI, MTs dan MA Sebagai gantinya, Kementerian Agama telah meliris Aplikasi baru yang dikenal dengan Raport Digital Madrasah yang disingkat RDM. Rencananya RDM ini akan dijadikan sebagai pengganti dari Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang telah di gunakan sejak tahun 2018 hingga 2020.

Rapor Digital Madrasah versi 2021 versi terbaru ini juga dibuat sangat kompatibel dan fleksibel dengan perangkat yang digunakan oleh masing-masing guru baik laptop maupun Smart Phone Android dalam mengelola nilai peserta didik selama belajar di satuan pendidikan madrasah

Penggunaan RDM baru ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola madrasah yang efektif dan efesien serta mendukung program digitalisasi madrasah.

Penulis Oleh : Moh. Misbach, S.Ag.

Berita Lainya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *