SKRINING KESEHATAN MTs NU SIDOARJO

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
33 views

Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Skrining) adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

Kegiatan skrining di MTs NU Sidoarjo dilakukan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Sekardangan pada hari Senin, 28 Agustus 2022 dan 19 September 2022. Peserta didik yang mengikuti kegiatan ini adalah semua siswa MTs. NU Sidoarjo dari kelas 7 sampai kelas 9.

Alasan dilakukan selama 2 hari karena banyaknya siswa MTs. NU Sidoarjo, sehingga pihak Puskesmas Sekardangan membagi 50% siswa perhari. Jadi, pada tanggal 28 Agustus 2022 diikuti oleh kelas 8A-C dan 9A-F. Sedangkan, pada tanggal 19 September 2022 diikuti oleh kelas 7A-F dan 8D-F.

Adapun proses yang harus dijalani siswa selama skrining, sebagai berikut:

  1. Siswa berbaris menunggu antrian
  2. Kemudian siswa melakukan tes mata/penglihatan
  3. Setelah itu siswa melakukan tes telinga/pendengaran
  4. Terakhir, siswa melakukan tes kesehatan gigi

Setelah semua tes sudah dijalani oleh siswa, maka pihak Puskesmas Sekardangan akan memberikan hasil pemeriksaan kesehatan siswa kepada Bpk/Ibu guru penanggung jawab untuk diberikan kepada siswa yang diharuskan siswa melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Jika siswa mengalami kekurangan pada penglihatan, siswa diharuskan periksa di poli mata. Jika  mengalami kekurangan pada pendengaran, siswa diharuskan periksa di poli THT. Begitu pula, jika siswa mengalami kekurangan pada kesehatan gigi, maka siswa diharuskan periksa di poli gigi.

“Alhamdulillah, kegiatan skrining kesehatan MTs.NU Sidoarjo tahun ini berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan apapun. Saya berharap kegiatan ini akan tetap berjalan secara konsisten setiap tahun. Selain itu, terima kasih kepada Bpk/Ibu guru yang ikut membantu mengkoordinir acara ini, dan tak lupa kepada semua pengurus OSIS juga yang ikut menyukseskan acara skrining kesehatan ini”, Ujar Bapak M. Sobirin, S. Pd. Selaku Waka Kesiswaan MTs NU Sidoarjo.

Skrining kesehatan ini, dilakukan selama setahun sekali agar tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang bertanggung jawab untuk MTs. NU sidoarjo, dapat mengetahui kesehatan siswa secara berkala sebagai bentuk rasa tanggung jawab guru terhadap siswanya. Serta, seperti kata bapak M. Sobirin, S.Pd bahwa kegiatan skrining kesehatan MTs.NU Sidoarjo tahun ajaran 2022/2023 berjalan lancar.

dan tak lupa pula kepada TIM OSIS MTs NU Sidoarjo yang telah membantu ada acara ini hingga selesai.

Penulis: Nadya Ariani Kusuma Wardani, S.Pd

Berita Lainya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *