Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Lingkungan Madrasah Badan Penyelenggara Pendidikan Nahdlatul Ulama (BPPNU)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
50 views

Sidoarjo – Ratusan siswa-siswi dari unit pendidikan MTs NU Sidoarjo, MA NU Sidoarjo, dan SMK Diponegoro dibawah naungan BPPNU Walisongo Sidoarjo mengikuti acara Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2022, pukul 06. 45 WIB, di halaman madrasah. Dalam peringatan HSN tahun ini, BPPNU Walisongo Sidoarjo menggandeng Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo untuk memimpin apel upacara Hari Santri Nasional. Susunan Acara peringatan Hari Santri Nasional yaitu, Upacara, Istighosah, dan Selebrasi Hari Santri Nasional.

Wakil Ketua PCNU Sidoarjo, Isa Hasanuddin, menyampaikan dalam pidatonya ketika memimpin upacara Hari Santri Nasional, “Generasi sekarang terutama para pelajar di lingkungan Madrasah perlu mengingat perjuangan para santri kala itu dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, bukan hanya itu kalian para generasi penerus bangsa harus merawat dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, seperti menorehkan prestasi baik ditingkat sekolah, kabupaten, provinsi, bahkan sampai nasional”, tuturnya.

Setelah Upacara, acara dilanjutkan dengan pembacaan istighosah dan doa yang dipimpin oleh As’ad Nahdli, S. Ag, M. Pd (guru MA NU Sidoarjo). Para peserta Hari Santri Nasional 2022 mengikuti istighasah dengan sangat khidmat dan khusyu’. Puncak acara hari santri nasional, siswa-siswi dari MTs NU Sidoarjo, MA NU Sidoarjo, dan SMK Diponegoro diajak selebrasi dengan menyanyikan lagu dan mars Hari Santri, Shalawat, Yalal Wathon, dan Mars Banser.

Kepala Madrasah Tsanawiyah, Ach. Fatoni, S. Pi yang hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasi yang tinggi kepada para Wakil Kepala Madrasah, dewan guru, staff dan karyawan, serta OSIS MTs NU Sidoarjo yang telah berpartisipasi dan berkontribusi penuh pada penyelenggaraan Hari Santri Nasional 2022 hari ini.

“Suksesnya acara Hari Santri Nasional 2022, tak lepas dari peran para Wakil Kepala Madrasah, dewan guru, staff dan karyawan, serta OSIS MTs NU Sidoarjo yang telah bersinergi dan berpartisipasi aktif sebelum dan ketika hari H pelaksanaan acara Hari Santri Nasional”, ujar Pak Toni, sapaan akrab beliau.

Sementara kepala Madrasah Aliyah, M. Baidlowi, S. Ag menuturkan bahwa santri bukan hanya yang mondok saja tetapi siapapun yang berakhlak seperti santri, dialah santri.

“Siswa-siswi yang ada di lingkungan BPPNU Walisongo Sidoarjo walaupun tidak mondok tetapi di sini oleh Bapak/Ibu guru diajarkan akhlak seperti santri yang ada di pondok pesantren. Karena, banyak tenaga pengajar di lingkungan BPPNU Walisongo Sidoarjo dulunya adalah santri dari berbagai pondok pesantren di Jawa Timur”, pungkasnya.

Selesai seremoni Hari Santri Nasional, seluruh peserta didik dari MTs NU Sidoarjo, MA NU Sidoarjo, dan SMK Diponegoro diperkenankan langsung pulang ke rumah masing-masing.

Berita Lainya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *