HARI GURU NASIONAL 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
25 views

25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN) dan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sejak tahun 1945. PGRI sudah berdiri sejak 1945 sebenarnya, tapi baru pada 1994, pemerintah lewat Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sekaligus jadi Hari Guru Nasional. Penetapan ini pun ditegaskan lagi lewat UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Penetapan Hari Guru Nasional tujuannya tidak jauh beda dengan penetapan Hari Guru Sedunia, yakni mengapresiasi, mendukung dan mendorong kualitas guru Indonesia supaya pendidikan di Indonesia terus maju.

Logo Hari Guru Nasional (HGN) 2020 memiliki makna yang sangat luar biasa.  logo memuat semangat dan kontribusi guru dalam mencerdaskan anak bangsa meskipun di tengah suasana pendemi akibat merebaknya virus Covid-19. Logo Hari Guru Nasional tahun 2020 terbitan Kementerian Agama terkesan simetris dengan mengambil bentuk dasar belah ketupat.

Gambarnya merefleksikan dua tangan yang sedang bergandengan dengan warna kuning dan merah. Secara lengkap logonya adalah sebagai berikut.

Dua tangan bergandengan, mengandung filosofi guru yang diharapkan menjadi penopang pelindung dengan saling berkontribusi bersama sesuai dengan tugas di lini masing-masing.

Tanda plus di tengah logo, dimaknai dengan perlindungan kesehatan, Peletakkan di tengah dimaksudkan akan keseriusan guru dalam memperhatikan perihal kesehatan serta menjaga agar terhindar dari pendemi meskipun kegiatan belajar mengajar (KBM) masih berlanjut.

Warna kuning dan merah melambangkan semangat dan kehangatan para guru di tengah pendemi dalam menjalankan tugasnya. Diharapkan meskipun KBM berjalan secara online tidak mengurangi semangat dan kehangatan di dalam pembelajaran.

Logo dilengkapi dengan tema peringatan Hari Guru Nasional 2020, Bakti Guru Lindungi Negeri.

Orang hebat bisa menghasilkan beberapa karya bermutu, Tapi guru yang bermutu dapat menghasilkan ribuan orang-orang hebat. Guru adalah penggerak perubahan, melalui mereka lah senyawa perubahan dialirkan kepada para calon penerus bangsa, Selamat Hari Guru Nasional 2020.

ditulis oleh : Mamik Nur Farida, S.Pd