Cetak Calon Pemimpin Bangsa yang Berkarakter melalui LDKS MTs NU Sidoarjo Tahun Ajaran 2022/2023

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
45 views

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan. Biasanya diadakan setelah Reorganisasi Pengurus OSIS dipilih dan anggota kegiatan ekstrakurikuler yang telah dinyatakan diterima dilantik menjadi bagian organisasi secara penuh. LDKS dapat dikategorikan sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat dan solid.

Semua pengurus OSIS yang baru harus mengikuti LDKS karena memiliki tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi serta mempunyai banyak manfaat. Selain itu peserta lain LDKS yakni OSIS purna MTs NU Sidoarjo dan pengurus kelas VII dan VIII.

Kamis, 27 Oktober 2022, Kegiatan LDKS di laksanakan di Villa CMA, Pacet, Mojokerto. Diawali dengan memberikan materi-materi dasar kepemimpinan. Acara ini diselenggarakan selama dua hari sampai hari Jumat, tanggal 28 Oktober 2022, pukul 13.00 WIB.

Materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah :

  1. Materi menyusun proposal dan LPJ yang dibawakan oleh Muhammad Syafi’I, S.Pd.
  2. Materi penataan administrasi yang dibawakan oleh Mukti Mashuri, S. Psi.
  3. Materi Program Kerja yang dibawakan oleh M. Sobirin, S. Pd.
  4. Materi Kemadrasahan yang dibawakan oleh Basroni Mustofa, M.Pdi.
  5. Materi Kepemimpinan yang dibawakan oleh M. Arifuddin, S.Pd
  6. Materi Etika Pelajar yang dibawakan oleh Irsyadul Ibad, M. Fil.I.
  7. Materi Pengembangan diri yang dibawakan oleh Bpk. Aunillah
  8. Materi Pelatihan Bari-Berbaris (PBB) yang dibawakan oleh Alvian Rahman, S. Or

Kegiatan yang mengusung tema “Mencetak Jiwa Kepemimpinan Yang Teladan, Inovatif, Dan Berakhlak Mulia” ini dibuka oleh H. Ach. Fatoni, S. Pi selaku Kepala Madrasah, dalam sambutannya beliau menekankan agar seluruh Peserta LDKS ini bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, yang didasari oleh kebutuhan sebagai calon pemimpin yang pada akhirnya akan didapatkan pemimpin yang Beriman, Berbudi Pekerti luhur, Bertanggung Jawab dan Mandiri, demikian pungkasnya.

Dalam sambutan penutupnya H. Ach. Fatoni, S. Pi menekankan agar sama-sama berjuang untuk memajukan OSIS MTs NU Sidoarjo dan tunjukan kepada sekolah-sekolah lain bahwa kita (OSIS MTs NU Sidoarjo) juga bisa.

Hal serupa juga disampaikan oleh M. Sobirin, S. Pd Waka Kesiswaan  selaku pembina OSIS MTs NU Sidoarjo menegaskan agar pengurus OSIS baru dan OSIS yang sudah purna saling bersinergi dan solid dalam setiap kegiatan madrasah. Karena, kesuksesan dan kelancaran kegiatan madrasah ada peran penting kontribusi dari OSIS MTs NU Sidoarjo.

Tim Osis MTs NU Sidoarjo

dan tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Osis MTs NU Sidoarjo yang telah membantu mensukseskan acara ini.

Penulis Oleh : M. Syafi`i, S.Pd

Berita Lainya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *